Aktifkan SOP Respon Cepat Covid-19 : FK Undana Sterilisasi Gedung Kantor

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nusa Cendana (Undana) mengambil langkah respon cepat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dalam lingkungan kantor. Langkah sterilisasi dilakukan pada gedung kantor FK dengan melakukan disinfeksi seluruh ruangan kerja pada Senin (5/7/2021).

Seiring dengan peningkatan jumlah kasus penyebaran dan penularan Covid-19 dalam wilayah Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), serta terkonfirmasi positifnya 1 (satu) orang tenaga kependidikan FK Undana, maka pimpinan unit mengambil langkah cepat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan FK Undana dengan melakukan sterilisasi gedung kantor FK Undana. Seluruh tenaga pendidik dan kependidikan diinstruksikan untuk tetap memberikan layanan akademik dan layanan lainnya dari rumah atau Work From Home (WFH) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Penyemprotan disinfektan pada ruangan rapat gedung dekanat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan FK Undana pada Senin (5/7/2021)

Wakil Dekan (Wadek) II Bidang Admnistrasi Umum dan Keuangan Rr. Listyawati Nurina, S.Si.,M.Sc.,Apt dalam arahannya meminta seluruh pegawai untuk melakukan pekerjaannya masing-masing dari rumah. WFH tidak diartikan sebagai libur tetapi bekerja dari rumah masing-masing, setiap pegawai harus tetap melaksanakan tugas kantor selama jam kerja berlangsung. Setiap pegawai harus stand by untuk menerima disposisi dan tugas dari pimpinan, dapat dihubungi dan berkomunikasi melalui semua media telekomunikasi dengan mengaktifkan telepon genggam (Handphone/HP). Lebih lanjut Rina-sapaan WD II, menyampaikan bahwa langkah penyemprotan seluruh ruangan dengan cairan disinfektan sudah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Langkah ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dalam lingkungan kerja, tegasnya. Pada akhir arahannya Wadek II mengharapkan semua civitas akademika FK Undana untuk menegakkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan dan selalu berpikiran positif selama masa pandemi Covid-19 ini.

Penyemprotan disinfektan pada ruangan kerja gedung dekanat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan FK Undana pada Senin (5/7/2021)

Menyikapi terkonfirmasi positif Covid-19 pada 1 (satu) orang tenaga kependidikan FK Undana serta peningkatan jumlah kasus Covid-19 di NTT, pimpinan FK Undana mengambil langkah-langkah kebijakan yang juga mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 antara lain:

  • Senin, 5 Juli 2021 jam 08.00, dilakukan disinfektan pada seluruh gedung dekanat (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FK Undana semua WFH).
  • Selasa, 6 Juli 2021, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FK Undana yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 diberlakukan WFH, sedangkan yang tidak kontak 50% WFH dan 50% WFO (Work From Office).
  • Kamis, 8 Juli 2021 dilakukan swab antigen ulang kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FK Undana yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.
  • Jumat, 9 Juli 2021, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan FK Undana yang hasil swab antigennya postif/reaktif maka diberlakukan WFH dan yang hasil swab antigennya negatif/non reaktif diberlakukan 50% WFH dan 50 % WFO.
  • Semua civitas akademika Wajib mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.
  • Menempatkan petugas pengukur suhu pada pintu masuk Gedung Dekanat dan semua yang masuk wajib diukur suhunya.
  • Sementara FK tidak menerima tamu sampai batas waktu yang belum ditentukan sambil melihat perkembangan kasus Covid-19 di NTT.

Proses sterilisasi gedung dengan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan pada gedung kantor FK Undana dilakukan oleh tim teknis sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan kampus FK Undana, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan(*/sap).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *