Tidak Mau Terlambat, FK Undana Laksanakan Penguatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nusa Cendana (Undana) berkomitmen dalam mewujudkan penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hal ini terlihat dari pelaksanaan kegiatan penguatan dan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan FK Undana melalui pedampingan bersama tim reformasi birokrasi Undana pada Rabu (22/9/2021).

Dr. Simplexius Asa, SH.,MH selaku perwakilan tim reformasi birokrasi Undana dalam sambutannya menekankan akan kesadaran bersama akan pemilihan Fakultas Kedokteran (FK) sebagai perintis dan unit yang memulai pelaksanaan reformasi birokrasi untuk selanjutnya dijadikan role model pelaksanaan reformasi birokrasi di Undana. Menurutnya pemilihan FK Undana ini sebagai unit pelaksana reformasi birokrasi memiliki dasar pertimbangan yang matang. Rektor dan jajarannya telah mendapat pertimbangan yang sungguh-sungguh terutama dengan melihat kesiapan, kemampuan, sumber daya yang dimiliki oleh FK memadai dan dapat diramalkan untuk merintis kegiatan reformasi birokrasi tutur Dr. Simplex.

WR II Undana Ir. Jalaludin, M.Si,, Dekan FK Undana, dr. S.M.J Koamesah, MMR.,MMPK, Kepala Biro (Karo) Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK), Dra. Karolina Koriwati Sangkala, M.Si, Koordinator Keuangan Undana, Marlinda E. T. Manafe, SE.,M.Si, WD II FK Undana, Rr. Listyawati Nurina, S.Si.,M.Sc.,Apt bersama Tim Reformasi Birokrasi Undana Pada Pembukaan Kegiatan Penguatan dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan FK Undana (22/9/2021)

Oleh karena itu, perlu disadari sejak awal keberhasilan implementasi reformasi birokrasi di Undana tergantung dari langkah awal yang dimulai dengan FK Undana. Kita berharap dengan pendampingan yang sungguh-sungguh, dengan pengerahan sumber daya yang diberikan oleh rektorat untuk mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan hasilnya tidak jauh dari yang diinginkan, harap dosen Fakultas Hukum (FH) Undana.

Tampak tim Reformasi Birokrasi oleh Dr. Jefri S. Bale, ST.,M.Eng dan Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes dalam Pelaksanaan Penguatan dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Lingkungan FK Undana pada Rabu (22/9/2021)

Semoga dengan pengarahan singkat ini, kita sama-sama berada dalam spirit yang sama untuk menghasilkan luaran yang merupakan sumbangan tidak saja bagi institusi FK tetapi dapat diwariskan sebagai legacy bagi fakultas-fakultas lain yang dalam perhitungan universitas memiliki kekuatan dan kemampuan yang tidak sebesar yang dimiliki civitas akademika FK, tegas Dr. Simplex.

Dekan FK Undana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Wakil Rektor (WR) II bersama tim reformasi birokrasi Undana untuk memberikan pendampingan terhadap FK Undana. Pada kesempatan itu juga, dr. S.M.J Koamesah, MMR.,MMPK.,FISPH.,FISCM menyampaikan apresiasi kepada pimpinan Undana yang telah mempertimbangkan, menganalisis, memutuskan untuk mempercayakan FK Undana sebagai unit pelaksana reformasi birokrasi. FK Undana memiliki motto “Bergerak Cepat meraih prestasi”, jadi kami tidak mau terlambat, pasti memang harus ada pendampingan, penyempurnaan sehingga kami telah curi start, tegas dr. Bobby.

Ada satu poin penting yang membantu seseorang untuk mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu dan berprilaku yaitu norma subyektif atau teladan dari orang-orang yang berpengaruh, tentunya dimulai dari pimpinan paling atas, rektor, wakil rektor (WR) dan kawan-kawan, turun sampai ke fakultas, ada dekan, wakil dekan, kasubag, para kaprodi, dan kepala departemen atau bagian. Jika norma subyektif ini bisa sesuai dengan harapan maka ada harapan besar zona integritas FK ini menjadi role model bagi yang lain.

Lebih lanjut dr. Bobby menegaskan bahwa walau reformasi birokrasi merupakan hal yang sering didengar, namun merupakan hal yang baru bagi kita (FK Undana) sehingga membutuhkan pendampingan, dukungan, model, dan jika memungkinkan perlu dilakukan peninjauan ke universitas lain atau fakultas lain atau contoh lain yang sudah menerapakan reformasi birokrasi sehingga menambah referensi dan wawasan penerapan reformasi birokrasi dan zona integritas FK Undana.

Saya usulkan untuk monitoring dan evaluasi berkala, diskusi bersama atau disebut continuous improvement sehingga apa yang kita harapkan bersama dapat tercapai, tutur dr. Bobby.

Suasana Kerja dalam Penguatan dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di LIngkungan FK Undana pada Rabu (22/9/2021)

Ir. Jalaludin, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan penguatan dan pelaksanaan reformasi birokrasi dilingkungan FK Undana menegaskan bahwa reformasi birokrasi merupakan salah satu hal penting yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam lingkungan Undana. Pada kenyataannya, tahun 2019 sebenarnya Undana sudah memiliki dokumen awal reformasi birokrasi. Oleh karena itu, pada tahun 2021, Undana membentuk tim pendamping dengan menunjuk tiga unit untuk diterapkan reformasi birokrasi. Karena pada pertengahan tahun ini, ada laporan secara nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait prodi dan fakultas yang sudah menerapkan reformasi birokrasi khususnya menjadi zona integritas, dan nama Undana tidak ada dalam laporan tersebut, tutur WR II.

SK Rektor Nomor: 330/PP/2021 tanggal 31 Juni 2021, menunjuk Fakultas Kedokteran, Satuan Pengawas Internal, dan Biro Umum untuk mengimplementasikan zona integritas di lingkungan Undana. Bagian mana yang akan dikuatkan dan dilaksanakan akan didampingi dan dinilai oleh tim RB Undana. Hal ini tidak susah menurut saya jika kita memiliki kemauan, karena pelaksanaan zona integritas sudah diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tutur mantan WD II Fapet Undana.

“Dan saya berterima kasih bahwa FK Undana sudah melangkah lumayan jauh sampai pada tahap penguatan dan pelaksanaan reformasi birokrasi. Untuk mengubah mindset kita selama ini bukanlah sesuatu yang mudah. Hari ini kita mulai perubahan dimulai dari Fakultas Kedokteran” tegas WR II.

WD II FK Undana, Rr Listyawati Nurina Saat Menyampaikan Overview Penerapan Reformasi Birokrasi dan Penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) FK Undana

Turut hadir dalam kegiatan tim reformasi birokrasi Undana yakni Dr. Simplexius Asa, SH.,MH, Dr. Jefri S. Bale, ST.,M.Eng, Meksianis Z. Ndii, S.Si.,M.Sc.,Ph.D, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes, Arfan Mauko, S.Kom.,M.Cs, Sarinah J. M. Rafael, SE.,M.Acc, dan Santhy Chamdra, SP.,M.Si, Kepala Biro (Karo) Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) Dra. Karolina Koriwati Sangkala, M.Si, Koordinator Keuangan Undana Marlinda E. T. Manafe, SE.,M.Si.

Adapun tim reformasi birokrasi terhadap enam area perubahan FK Undana yang diangkat sesuai dengan SK Dekan Nomor 549/PP/2021 tanggal 8 Juli 2021 yaitu dr. S.M.J. Koamesah, MMR.,MMPK.,FISPH.,FISCM (Pengarah), area Manajemen Perubahan, Rr. Listyawati Nurina, S.Si.,M.Sc.,Apt (Ketua), dr. Ika F. Buntoro, M.Sc (Wakil Ketua), Renie Y. Oematan, A.Md.AK, Mega O.L. Liufeto, SKM.,M.Kes, dan Solviani T.I. Bani, S.AB (Anggota). Area Penataan Tata Laksana, dr. Desi Indria Rini, M.Biomed (ketua), dr. I Made Artawan, M.Biomed., SpAn (Wakil Ketua), Vlorense S. Massy, S.Sos, Deny Y. Lado, dan Hengky Lakinau, S.Sos (Anggota). Area Penataan Manajemen SDM, dr. Elisabeth L.S.Setianingrum, Sp.PK (Ketua), dr. Dyah G.R. Kareri, Sp.KFR.,M.Si.Med (Wakil Ketua), Markus Ola Laga, SH, Jems K. Nenosaet, S.Pd, dan Surya Lestari Louis, SH (Anggota). Area Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dr. Kartini Lidia, M.Sc (Ketua), Conrad L. H. Folamauk, SKM.,MSc (Wakil Ketua), Ida Ayu Made Wulandari, SE, Hernaldo Nawa Hoke, SE, dan Marsalomi Bako, SE (Anggota). Area Penguatan Pengawasan, Dr.dr. Nicholas E. Handoyo, M.Med.Ed (Ketua), Thersia Y. Hadjoh, S.Sos (Wakil Ketua), dr. Regina M. Hutasoit, M.Kes, Semuel A. Pisdon, SKM, Ronald C. Parikas, AMd.Kep (Anggota). Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Dr.dr. Christina Olly Lada, M.Gizi (Ketua), Rahel Rara Woda, S.Si.,MKM (Wakil Ketua), Jean Carolyn V. Sir, SKM, Debora Ratu Djami, Amd, dan Merlin V. Windoe, S.Sos (Anggota).

Kegiatan penguatan dan pelaksanaan reformasi birokrasi pada lingkungan FK Undana direncanakan untuk dilaksanakan selama dua hari, 22-23 September 2021. Kegiatan ini menggunakan metode kerja kelompok sesuai dengan area perubahan dengan pendampingan dari tim reformasi birokrasi universitas. Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tersusunnya dokumen rencana aksi yang memuat bentuk aktivitas, dokumen pendukung serta timeline pelaksanaan aktivitas (*/sap).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *