Webinar STANDAR MEDIS PEMANFAATAN HEWAN COBA DAN ETIKA PENELITIAN DALAM PENELITIAN KLINIS

flayer-wo-lab

Webinar online Standar Medis Pemanfaatan Hewan Coba dan Etika Penelitian Dalam Penelitian Klinis merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh FK Undana yang pertama kali diadakan tahun ini. Webinar ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam menyebarkan informasi serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang bagaiamana standar serta prosedur yang benar penggunaan hewan coba yang dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan penelitian baik di bidang medis maupun kesehatan.

foto panitia webinar

Webinar dilakukan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 dan dilaksanakan secara daring melalui platfrom zoom link meeting. Acara ini dihadiri oleh 200 lebih peserta dari berbagai universitas dan kalangan FK Undana,FKH Undana,Pascasarjana IKM Undana,Fak perikanan dan kelautan UKAW Kupang,Dinas pertanian dan ketahanan Kabupaten Lembata,FK UPN Veteran Jakarta, FKKMK UGM Yogyakarta, FK Unand, Magister ilmu biodemik, FKIK Univ. Warmadewa, Univ. Esa Unggul, FKG UGM, Univ. Andalas, UMPwt, UNP, FK Unisa, Stikes payung negeri pekanbaru, Univ. Hasaan nuddin Makasar, FK UAD, Polkesyo, Sekolah tinggi ilmu farmasi makasar, FK UKDW, Poltekke kemenkes Kupang dan Mandiri.

 Harapannya dengan kegiatan ini peserta dapat mendapatkan ilmu, pengetahuan serta informasi terkait dengan standar dan prosedur serta bagaimana pemanfaatan hewan coba dalam berbagai kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan juga dosen. Acara ini berlangsung selam akurang lebih 5 jam yang diawali dengan laporan ketua panitia Dr. Dr. Christina Lada,M.Gizi dilanjutkan  pembukaan oleh Plt WD 1 FK Undana yaitu dr. Kartini Lidia, M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pembicara 1 yang dibawakan oleh dr. Desi  Indriarini, M.Biomed (Sekretaris komisi etik FK Undana) tentang Etika Penelitian pada manusia dan tips usulan segera disetujui komisi etik dan dilanjutkan dengan pembicara 2 oleh drh. Diana A. Wuri, M.Si (Ketua Komisi Etik Penelitian hewan coba FKH Undana) tentang Pemanfaatan mencit sebagai model  renal injuri. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab yang di pimpin oleh medorator ibu Moderator: Dr. Magdarita Riwu, S.Farm,, M.Farm,Apt,. Setelah kuis interaktif dari peserta, dilanjutkan dengan materi sesi ke II yang dimulai dengan pembicara 3 oleh dr Nur Arfian, Ph.D (Kepala program studi magister ilmu biomedik dan sekretaris unit production house/learning research and innovation development center FK-KMK-UGM) dengan topik Pemanfaatan mencit sebagai model  renal injuri dan dilanjutkan dengan pembicara 4 oleh dr. Regina M. Hutasoit, M.Kes (Kepala Laboratorium FK Undana) tentang Meet my laboratory FK Undana. Kedmudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang di moderatori oleh ibu Dr. Magdarita Riwu, S.Farm,, M.Farm,Apt. Setelah rangkaian materi selesai dilanjutkan dengan kuis berhadiah kemudian ditutup dengan dokumentasi.

Kegiatan webinar ini berlangsung dengan lancar dan semangat serta antusiasme dari peserta terlihat melalui kehadiran di zoom dan keatifan dalam diskusi serta melalui evaluasi yang menunjukkan bahwa hampir semua peserta merasa sangat baik dan baik terhadap materi kegiatan dan terjadi pengikatan pengetahuan yag ditunjukkan melalui jawaban yang hampir semuanya benar terhadap 6 pertanyaan tentang materi kegiatan.

Hal ini merupakan hasil yang baik bahwa harapan adanya webinar ini mahasiswa dan dosen menjadi semakin paham mengenai pengelolaan hewan coba sehingga diharapkan tidak adanya lagi keraguan dalam melakukan penelitian kedokteran dan medis, serta memperhatikan aspek etika penelitian baik bagi hewan coba maupun bagi manusia berjalan sesuai dengan rencana. Demikian juga juga mahasiwa lebih mengetahui standar kerja di laboratorium yang benar dan sesuai standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *